Telp +62 812-1881-2269

Profil Adikarta

PKM CENTER IPB / Profil Adikarta

Adikarta Project

Adikarta Project merupakan sebuah wadah untuk menyatukan tekad dan semangat yang dipegang kuat dalam menggali potensi dan inovasi mahasiswa IPB University pada program PKM-PIMNAS untuk mewujudkan cita-cita besar meraih puncak tertinggi penghargaan di bidang program penalaran yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Melalui kegiatan Adikarta Project 2021 diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi dan menyiapkan mahasiswa yang mempunyai kemampuan soft skill mumpuni dan mampu berkontribusi untuk kemajuan Bangsa. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

01Brainstorming

Langkah awal dalam membentuk perspektif dan pemahaman yang sama terkait step by step menjalankan PKM 2021 sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku kepada stakeholder.

02Adikarta Project Training

Pelatihan yang dilaksanakan secara offline, online ataupun melalui media tutorial lainnya. Target pelatihan adalah Reviewer, Pendamping, Ormawa, PKM Center dan mahasiswa PKM. Beberapa kegiatan pelatihannya meliputi pelatihan menemukan ide kreatif, membentuk tim PKM yang solid, pelatihan administrasi PKM, penulisan ide dan proposal, dan pendalaman substansi ide dan Proposal PKM.

03Idea Crafting Class

Workshop dan Seminar secara online yang dilakukan disetiap Fakultas/Sekolah. Adapun materi yang akan disampaikan pada workshop ini terbagi atas 2 sesi yaitu:

  • PKM 101

Sesi ini akan dilaksanakan menggunakan skema seminar dengan tema terkait bagaimana cara membuat ide yang baik dan realistis yang akan disampaikan oleh narasumber external di bidang critical thinking & Ideas Making.

  • PKM Perbidang

Pemparan masalah-masalah yang sedang terjadi baik lokal maupun global sehingga menjadi referensi mahasiswa dalam membuat ide.

04Unggah dan Review Ide Kreatif

Proses unggah ide kreatif mahasiswa melalui laman yaitu http://pkmcenter.ipb.ac.id/sim. Ide yang sudah disubmit akan dilakukan proses review intensif oleh Reviewer Wilayah/Fakultas dan Reviewer IPB untuk bisa menghasilkan proposal berkualitas siap Upload Simbelmawa.

05Hackathon Ide dan Proposal Tingkat Unit/Fakultas dan Tingkat IPB

Kegiatan ini fokus untuk melakukan penggalangan dan pendalaman ide kreatif dan pendalaman Proposal tingkat Fakultas dan IPB melalui aktivitas pembinaan yang intensif.

06Elevator Pitching PKM

Kegiatan ini berupa presentasi per bidang PKM sebagai stage akhir dalam proses seleksi proposal berkualitas tingkat IPB untuk di submit ke Simbelmawa DIKTI. Pada tahap ini perlu disaring 700 proposal berkualitas dan ditentukan juara per bidang PKM.

07Enrichment

Kegiatan ini berupa proses pengayaan atau transfer knowledge kepada peserta, meningkatkan semangat mengikuti PKM dan mampu mengembangkan kemampuannya dalam menulis maupun presentasi. Proses enrichment dilakukan pada hackathon ide dan hackathon proposal.

08Coaching dan Validasi Substansi

Proses pendampingan perbaikan proposal PKM yang telah lolos pitching PKM baik secara substansi dan administrasi untuk menghasilkan proposal berkualitas dan Zero Tolerance.

09Upload Proposal ke Simbelmawa DIKTI dan SIM PKM IPB

Proses upload / Unggah proposal final yang telah melalui revisi akhir dan melewati validasi substansi dan administrasi yang ketat oleh Dosen Reviewer (Wilayah/IPB) melalui portal https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/Login.aspx dan pkmcenter.ipb.ac.id/sim

1

Brainstorming

Januari (Minggu 1-2)

2

Adikarta Project Training

Januari (Minggu 3-4)

3

Idea Crafting class

Januari (Minggu 3-4)

4

Unggah dan Review Ide kreatif

Januari (Minggu 2) - Februari (Minggu 1)

5

Hackathon Ide dan Proposal (Tingkat Unit/Fakultas dan Tingkat IPB)

Januari (Minggu 4) - Februari (Minggu 1)

6

Elevator Pitching PKM

Februari (Minggu 1 - 3)

7

Enrichment

Februari (Minggu 1 - 3)

8

Coaching

Februari (Minggu 3-4)

9

Validasi substansi

Februari (Minggu 1 - 4)

10

Upload proposal ke Simbelmawa DIKTI dan SIM PKM IPB

Februari (Minggu 4) - Maret (Minggu 2)