Telp +62 812-1881-2269

Sambutan Direktur

PKM CENTER IPB / Sambutan Direktur

Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP, M.Si.

Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University

Bismillahirrohmanirrohim 

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh 

Puji dan Syukur, selalu terlimpahkan kepada Allah SWT, atas berkah dan Karunia-Nya, Panduan Program Adikarta Project 2021 dapat tersusun dengan baik sesuai dengan rencana. Panduan Program Adikarta Project 2021 merupakan master plan atau grand design pelaksanaan PKM IPB tahun 2021 yang diinisiasi oleh Subdirektorat Pengembangan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University sebagai upaya mencapai prestasi terbaik di PKM PIMNAS 34. Program ini disusun berdasarkan perencanaan komprehensif dari berbagai sudut pandang dan referensi terakurat pedoman PKM terbaru yang mengintegrasikan partisipasi dan kolaborasi berbagai stakeholder dari seluruh program studi, fakultas, sekolah dan direktorat-direktorat lainnya yang ada di lingkungan IPB University.

Panduan Program Adikarta Project 2021 menjadi arah dan pedoman bagi seluruh civitas akademika IPB dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan dan partisipasinya dalam Program PKM PIMNAS yang dilakukan oleh mahasiswa di tingkat IPB maupun tingkat nasional. 

Pada kondisi ini IPB University sangat meyakini tentang peran penting kontribusi dan prestasi mahasiswa bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Indonesia saat ini. Secara umum kegiatan peningkatan prestasi mahasiswa di bidang PKM PIMNAS ditujukan untuk menjadi motivasi dan wahana bagi mereka untuk berkontribusi dalam kegiatan yang positif. Selain itu, budaya mengikuti perlombaan di ajang bergengsi PKM PIMNAS ini dapat menjadi landasan penamanan karaker dan perilaku positif bagi para mahasiswa untuk mampu bertindak jujur, objektif, berintegritas dan menghargai karya orang lain secara sportif. IPB University sebagai salah satu Pendidikan tinggi negeri terbaik pertama di Indonesia, memiliki peran strategis dalam upaya menghasilkan manusia Indonesia berilmu sekaligus memiliki peran aktif dalam pembangunan bangsa dan negara dalam menyikapi dan menjawab perubahan serta tantangan global yang terus berjalan. 

Oleh karenanya, ketersediaan sumberdaya yang kreatif dan inovatif serta memiliki pengalaman yang dapat diperhitungkan, IPB University selalu siap menyongsong perubahan dengan melakukan tindakan nyata dengan melakukan berbagai aktivitas pengembangan prestasi mahasiswa, baik secara internal dan eksternal, menuju IPB Global Winner. Di dalam Buku laporan ini ini tergambar perjalanan dan pencapaian setiap program yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI di tingkat nasional. Semoga panduan ini selalu menjadi pegangan bagi seluruh civitas IPB University dan pihak lain sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. 

Sekian, terima kasih 

Wassalamulaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh